Wednesday, May 2, 2018

Apa itu Hormon Oksitosin

Dalam artikela kali ini, saya akan menjelaskan tentang Apa itu Hormon Oksitosin ?. Hormon Oksitosin yang sering dikenal dengan hormon yang dapat mempengaruhi perilaku manusia, khususnya dalam hal hubungan kepada lawan jenis dan kepekaan terhadap sesama jenis.

Seperti yang saya kutip dari Wikipedia.com, Hormon Oksitosin adalah hormon yang berfungsi merangsang kontraksi dinding rahim dengan kuat sehingga dapat memberikan kemudahan dalam proses melahirkan. Okstitosin juga mempunyai pengaruh pada prises kelahiran dengan melalui mekanismenya yang terkait dengan pelebaran leher rahim pada saat proses persalinan terjadi. Hormon Oksitosin juga dapat membantu merangsang produksi air susu setelah melahirkan. Dalam proses persalinan, Hormon ini sering digunakan untuk mengobati dan menguatkan kontraksi saat melahirkan.

Apa itu Hormon Oksitosin


Dibawah ini, ada beberapa Fungsi dan Manfaat yang bisa didapatkan dari Hormon Oksitosin pada tubuh :

  • Hormon Oksitosin Dapat Membantu Proses Persalinan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, hormon ini dapat membantu proses persalinan dengan melepaskannya dalam jumlah besar, mengintensifkan kontraksi rahim yang membuka serviks dan memberikan ruang pada saat proses melahirkan. Pada awal tahun 1900, oksitosin sintesis sudah mulai digunakan untuk membantu proses persalinan.

  • Hormon Oksitosin Dapat Merangsang Produksi ASI

Hormon ini memiliki peran penting dalam proses produksi air susu atau ASI. Pada prises ini terdapat 2 hormon yang berperan penting yaitu Prolaktin dan Oksitosin. Jika hormon prodlaktin adalah hormon yang memproduksi ASI, maka fungsi hormon oksitosin adalah merangsang produksi ASI.

Rangsangaan oleh isapan bayi saat menyusui akan memberikan respon ke hipotalamus untuk membuat oksitosin kemudian akan memacu otot-otot halus di sekitar sel-sel pemuat ASI untuk mengeluarkan ASI.

  • Hormon Oksitosin Dapat Menurunkan Kondisi Psikologi

Sebuah penelitian yang ditulis dari livescience.com yang dilakukan apda orang yang mengalami kondisi stress, depresi, gelisah, mampu teratasi dengan menyuntikan oksitosin ke dalam tubuhnya. Fungsi hormon oksitosin yang dilepaskan di otak akan membeaskan kondisi stres secara alami. Efek positif ini muncul karena diduga oksitosin menghambat efek kortisol yang dikenal sebagai hormon.


  • Hormon Oksitosin Berperan Dalam Hubungan Percintaan

Kemaampuan hormon oksitosin dalam mengatasi stress, memberi rasa nyaman, kepekaan, dan dapat meningkatkan hubungan sesama dan terkhusus kepada lawan jenis membuat hormon ini disebut sebagai hormon cinta.

Seperti yang dikatakan oleh Rebecca Turner dari California University bahwa Hormon Oksitosin merupakan hormon yang mempunyai kekuatan dalam menyatukan perasaan, dan memberi rasa bahagia.

  • Hormon Okstitosin Untuk Kesehatan Tubuh

Dalam beberapa penelitian menunjukan bahwa hormon oksitosin dapat menghambat toleransi terhadap obat adiktif termasuk opiat, kokain, dan alkohol, dan menurunkan tingkat kecanduan. Manfaat hormon oksitosin juga berperan dalam masalah autisme, sehingga dengan adanya oksitosin dalam tubuh yang tinggi mampu meninagkatkan interaksi sosisal. Insting yang meningkat juga merupakan manfaat dari oksitosin menurun penelitian dalam livescience.com.

Fungsi dan Manfaat dari Hormon Oksitosin yang saya sebuatkan diatas tentunya adalan yang paling utama, selain dari yang ditulis diatas masih banyak lagi fungsi dan manfaat hormon oksitsin.

Jadi untuk ada yang belim tahu Apa itu Hormon Oksitosin silahkan baca diatas yah :)



Apa itu Hormon Oksitosin

No comments:

Post a Comment